Kamis, 19 Agustus 2010

Pengertian Geografi dan Manfaat Mempelajari Geografi

          Sebelum anda membaca lebih jauh pengertian geografi alangkah baiknya anda mempersiapkan alat tulis untuk mencatat berbagai hal yang menurut anda penting dan perlu dicatat.
         Batasan pengertian geografi sebagai pengethuan yang mempelajari permukaan bumi telah ada sejak geotgrafi tumbuh sebagai ilmu. Definisi geografi yang membatasi kajian geografi telah dikemukakan oleh bebrapa ahli geografi :
1. Menurut Ferdinan Von Richthofen
    Geografi sebagai ilmu mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dan penduduknya, serta menerngkan hubungan s ebab akibat atau pun terdapat gejala dan sifat-sifat itu secara bersamaan.
2. Menurut Sidney E. Ekhblaw dan Donald J. D Mulkurne
    Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan kehidupannya yang mememngaruhi cara kita hidup, makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita bangaun dan aktivitas yang kita nikmati.
3. Menurut Vernor E. Finch dan Glenn t. Trewartha
    Geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pangdangannya tentang hal yan gselalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap.
4. Menurut Otis W. Freeman dan Jhon W. Morris
    Geografi adalah suatu objek yang dinamis sehingga terdapat kejadian-kejadian setiap hari yang menunjukkan bagaimana kejadian itu terjadi dan hubungan manusia yang dipengaruhi oleh faktor-fkator geografi.
5. Menurut George T. Renner dan E. W Miller
     Geografi mempunyai andil yang besar memahami problem-problem global modern saat ini. Salah satu tujuan utamnya adalah menunjukkan kesadaran tentang hubungan manusia dengan lingkungannya. Geografi jug memberikan pengertian tentang perbedaan antara satu daerah dan daerah lainnya.
6. Menurut Halim Khan
     Geografi adalah apa yang dilakukan seorang geografiawan. Lingkunga alan dan sosial merupakan suatu wilayah untk melakukan kegiaan, mendeskripsikan, menganalisis dan menikmati pergolakan manusia di bumi bagi kelangsungan hidupnya.
7. Menurut J. W. Alexander
    Geografi adalah ilmu yang mempelajari keberanekaan permukaan bumi secara keruangan.
8. Menurut Ullman
     Geografi adalah interaksi antar ruang.
9. Menurut Bintarto
     Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan bentuk serta mempelajari corak yang khas mengenai penghidupan, dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur dalam ruang dan waktu.
10. Menurut Hasil seminar dan Lokakarya Geografi di Semarang 1988
      Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaaan gejala alam dan kehiduapn di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi anatara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.
11. Menurut Tim Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi 2001
      Geografi adalah ilmu yamg mempelajari tentang gejala alam dan kehidupann di muka bumi serta interaksi anara manjusi dan lingkunnya dalam kaitannya dengan hubungan/susunan keruangan dan kewilayahan.

Ruang lingkup dan ilmu Penunjang Geografi
         Ruang lingkup Geografi berdasarkan definisi geografi hasil Kesepakatan Semarang tahun 1988, ruang lingkup geografi dapat dirincinakn sebagai berikut :
a. Pengetahuan Mengenai Gejala Alam dan Kehidupan di Muka Bumi ( gejala Geosfer), maksudnya geografi  akan mengkaji atau mempelajari berbagai faktor penyebab, sekaligus mencari dan menemukan jawaban mengapa dan bagaiman terjadi gejala geosfer.
b. Interaksi antara Manusia dan Lingkungannya, maksudnya manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan primer maupun sekunder pasti memanfaatkan lingkungan alam. Oleh karena itu manusia dituntut untuk bersikap bijak agar kelstarian daya dukung alam tetap terpelihara dengan sebaik-baiknya.
c. Dalam Konteks Kerunagan dan Kewilayahan, maksudnya di dalam mengkaji atau mempelajari gejala geosfer serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang diutamakan adalah persebaran gejala geosfer dalam suatu wilayah atau ruang dan interaksi manusia dengan lingkungannya.
       Secara garis besar ilmu geografi dibagi menjadi dua bagian :
a. Geografi fisik adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari peristiwa alam yang terjadi di pemukaan bumi, baik di darat, laut maupun udara beserta gaya yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut.
b. Geografi sosial adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal bailk antara penduduk dan keadaan alam, serta aktivitas dari usaha mansua dalam menyesuakan dengan keadaan alam demi kemakuran dan kesejateraan hidupnya.

Ilmu Penunjang Geografi
Karena cakupannya luas, ilmu geogarafi memerlukan ilmu penunjang. Ilmu penunjang geografi meliputi sebagai berikut :
a. Geologi adalah ilmu yang mempelajri bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi dan sejarahnya.
b. Geomorfologi adalah studi tentang bentuk-bentuk pernmukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bnetuk-bentuk tersebut.
c. Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari lautan, air, serta gerakanny, pasang, arus kedalaman, tepmperatur, kadar garam, dan nilai ekonomisnya.
d. Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari air di permukaan dan di bawah permukaan termasuk sungai, danau, mata air dan rawa-rawa.
e. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer, udara, cuaca, suhu, angin, keawanan, curahan dan radiasi matahari.
f. Klimatologi adalah studi tentang kondisi rata-rata cuaca.
g. Biologi adalah ilmu yang mempelajri tentang makhluk hidup.
h. Botani adalah ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan, dimana tau di daerah mana tumbuh-tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan subur dan bagaiaman persebarannya.
i. Zoologi adalah ilmu yang mempelajari dunia binatang, berkaitan dengan dimana atau di daerah mana binatang tersebut hidup, bagaimana binatan itu tersebar dan apa sebab binatan tersebut berpindah.

j. Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mengumpulan, menyelidiki catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengatahui segala sesuatu yang berhubungandengan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kemataian, perpindahan dan persebaran penduduk.
k. Ekologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari hubungan antar organisme serta anatar organismu dan lingkungan.
l. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kemakmuran.
m. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia, yaitu hubungan antara seorang dengan seorang, perorangan dengan golongan dan golongan dengan golongan. Dengan kata laian ilmu yang mempelajri kehidupan manusia dalam masyarakat.
 n. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan kebudayaannya.

Objek Studi Geografi
Setiap ilmu dapat dikaji dari dua objek, yaitu objek material dan objek formal.
1. Objek Material
     Objek material adalah sasaran atau isi kajian. Objek material geografi adalh sasaran atau isi kajian geografi. Berdasarkan definisi hasil seminta dan lokakarya geografi di Semarang pada tahun 1988, objek kajian geogarafi adalah fenomena geosfer. Oleh karena itu kajian geogarafi sang luar. Jika diperinci, objek kajian geogarafi antara lain sebagai berikut :
a. Atmosfer adalah udara yanhg menyelimuti bumi
b. Lithosfer adalah kulti bumi atau kerak bumi.
c. Pedosfer adalah lapisan tanah di muka bumi.
d. Hidrosfer adalah air di muka bumi.
e. Biosfer adalah kehidupan di bumi baik flora maupun fauna.
f. Antroposfer adalah manusia di bumi.

2. Objekl Formal
     Objek formal adalah metode atau pendekatan yang digyunakan dalam mengkaji suatu masalah. Tiap ilmu memiliki objek formal yang berbeda dengan ilmu lain. Misalanya, geografi memiliki objek material (hanan kajian) fefnomena geosfer yang sama dengan ilmu lain. Namun, geogarafi menmjadi ilmu tersendiri karena memiliki objek formal (pendekatan atau metode) yang berbeda dengan yang lain.
Secara sederhana, geogarafi menjawab berbagai pertanyaan yang sering dilontarkan manusia dalam rangka menghadapi suatu fenomena, masalah, peristiwa atau cara bertindak. Pertanyaan yang sering dilontarkan manusia meliputi :
a. Apa (what)
b. Dimana (where)
c. Berapa (How much/many)
d. Mengapa (why)
e. Bagaimana (how)
f. Kapan (when)
g. Siapa (who)

1 komentar:

  1. buat materi untuk mhasiswa geo jg dunk...

    BalasHapus

Saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, ada pun kekurangan dari blog ini, itu semata-mata datangnya dari pengelola sendiri. Silahkan masukkan komentar anda pada kolom komentar.
Salam manis,


Desiyanto siFAQIR ILMU